Selamat Datang di Toko Online Kami "NORTON BALI COMPUTER & SMARTPHONE" Sales - Service - Accesories MURAH - DEKAT - LENGKAP
Beranda » Artikel Terbaru » Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Saat Melakukan Work from Home

Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Saat Melakukan Work from Home

Diposting pada 22 Juni 2021 oleh Raka Darmadi | Dilihat: 13 kali
Terkadang ada situasi yang membuat kita tidak bisa melakukan interaksi dikarenakan hal-hal tertentu seperti bencana alam, wabah, atau sesuatu hal yang diluar kendali manusia lainnya. Hal ini juga berlaku pada para pekerja dan profesional jika menghadapi situasi ini salah satunya adalah melakukan WFH atau Work From Home.

Apa itu WFH atau Work From Home?

Sesuai namanya, WFH atau Work From Home adalah singkatan bekerja dari rumah atau bekerja di rumah. Singkatan ini sering digunakan jika perkerja melakukan pekerjaan jarak jauh dan komunikasi digital untuk memberi tahu kolega bahwa seseorang bekerja dari rumah pada hari tertentu atau untuk periode sementara guna meminimalisir risiko pada kesehatan dan keselamatan individu terkait.

Nah dalam kondisi di tengah pandemi COVID-19, guna mendukung anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, banyak perusahaan yang sudah menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Berkat teknologi yang semakin canggih, cara kerja seperti ini pun semakin mudah untuk dilakukan. Namun, bekerja jauh dari kantor justru lebih menuntut komitmen dan profesionalitas kita. Walaupun tidak harus ke kantor, para pekerja dari rumah juga diwajibkan untuk memberikan laporan hasil kerja dan dituntut menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Ada baiknya kamu memperhatikan  beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dulu, seperti berikut ini.

  • Perlengkapan dan Peralatan Cukup

Hal pertama dan paling wajib untuk dimiliki selama work from home adalah jaringan internet yang kuat dan stabil. Mengingat hampir seluruh pekerjaanmu dilakukan secara online, jaringan internet yang tidak memadai dapat merusak workflow, 

Spesifikasi laptop atau PC Komputer juga menjadi salah satu pertimbangan utama sebelum kamu memulai work from home. Gunakan laptop atau PC dengan performa tinggi agar pekerjaan Anda pun bisa dengan lancar dilakukan. Jangan lupa untuk memastikan daya laptop saat bekerja, terutama jika sedang online meeting. Kamu tidak mau kan terputus di tengah-tengah meeting? agar tidak terjadi hal-hal yang kurang berkenan yang akan menjadikan kamu ribet dalam hal tersebut sebaiknya lakukan croscek atau testing alat yang akan di gunakan terlebih dahulu.

  • Media Komunikasi

Bekerja dari rumah mengharuskan adanya tambahan komunikasi berbasis teknologi. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi dan software yang mendukung pekerjaanmu seperti Google Meet, Zoom, Cisco Webex, dan Google Calendar, atau Trello. Selain itu, aplikasi chatting seperti Whatsapp juga harus dimanfaatkan untuk kelancaran komunikasimu. Pastikan untuk menetapkan jadwal online meeting beberapa kali dalam seminggu agar situasi kerja tetap kondusif. Anda juga harus selalu online selama jam kerja agar rekan-rekan yang lain dapat dengan mudah menghubungi Anda. Tapi ingat, kamu juga harus memperhatikan aspek keamanan aplikasi atau software yang kamu gunakan selama bekerja dari rumah.

  • Tentukan Jadwal Kerja

Saat bekerja di luar kantor, seperti WFH ini sangat mudah untuk lupa dengan waktu kerja. Terkadang, pekerjaan baru akan selesai di malam hari, jauh setelah jam kerja berakhir. Penting sekali untuk kamu mengatur jadwal kerja serta rutinitas yang tepat. Apabila kamu bekerja di luar jam kerja, tentunya komunikasi pun tidak dapat terjalin dengan baik karena rekan kerja yang lain sudah tidak aktif bekerja.

Usahakan untuk tetap memulai pekerjaan di waktu yang sama dengan jam kerja kantor dimulai. Agar lebih produktif, ciptakan mood kerja yang sesuai, misalnya dengan berpakaian rapi namun tetap santai. Manfaatkan jam kerja sebagai waktu produktif dan luangkan beberapa menit untuk istirahat.

  • Istirahat yang Cukup

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, istirahat tetap harus dilakukan selama WFH. Mudah sekali untuk mengabaikan waktu istirahat, terutama saat kamu sedang fokus bekerja. kamu bisa mengalami burnout/blank apabila kerja terus menerus tanpa henti. Tetapkan waktu untuk istirahat makan siang dan luangkan beberapa menit setiap menyelesaikan pekerjaan untuk menenangkan pikiran.

Kesimpulan

Pada saat keadaan yang tidak terduga, profesionalitas dan kewajiban kamu sebagai seorang pekerja sangat diuji. Melakukan WFH atau work from home adalah salah satu solusi yang membuat kamu tetap berkontribusi bagi perusahaan dan juga meningkatkan daya tahan terhadap tekanan yang tak terduga.

Pastikan kamu melakukan semua tips diatas untuk melakukan WFH atau Work From Home yang efektif dan membuat bisnis yang kamu sedang kerjakan saat berkembang secara positif.

Bagikan informasi tentang Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Saat Melakukan Work from Home kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Saat Melakukan Work from Home | Norton Bali Computer & SmartPhone

Komentar dinonaktifkan: Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Saat Melakukan Work from Home

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Cassing Simbadda SIM-V seri 3128

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 385.000
Ready Stock
Rp 385.000
Ready Stock
Popular!
STOK HABIS
Samsung Galaxy A50 Blue 4/64GB

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 3.799.000
Habis / 5100053
Rp 3.799.000
Habis / 5100053
QUICK ORDER
Xiaomi Redmi Note 5 4/64 GB

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 2.499.000
Ready Stock
Rp 2.499.000
Ready Stock
SIDEBAR