Beranda » Blog » Laptop Tidak Bisa Menutup Rapat? Ini Dia Penyebabnnya

Laptop Tidak Bisa Menutup Rapat? Ini Dia Penyebabnnya

Diposting pada 20 Juni 2022 oleh Tim Redaksi Norton Bali Computer / Dilihat: 28 kali

Hai Sobat Norton!

Laptop adalah komputer lipat yang digunakan dengan cara dibuka dan ditutup yang didesain berukuran kecil agar bisa dibawa kemanapun dengan mudah oleh penggunanya. Ada sebagian pengguna yang mengeluhkan laptop atau notebook miliknya tidak bisa menutup rapat. Kira-kira apa yang menyebabkan laptop tidak menutup sempurna?

Mungkin Anda tidak pernah menyadarinya, cara Anda membuka tutup laptop bisa merusak engsel layar laptop. Engsel merupakan salah satu dari beberapa komponen penting yang ada pada Laptop yang berfungsi untuk membuka dan menutup layar laptop atau notebook. Engsel juga termasuk salah satu komponen yang mudah sekali patah karena hanya ditopang dengan dudukan plastik, sehingga disarankan ketika jika Anda membuka atau menutup laptop dilakukan secara hati-hati.

Atau mungkin Anda juga sudah merasa selalu membuka laptop dengan hati-hati, tetapi engsel laptop tetap tidak menutup rapat seperti ada yang mengganjal. Berikut pembahasan  untuk mengetahui penyebab kerusaan pada engsel laptop Anda:

1. Membuka Laptop Dari Sudut Ujung Layar

Penyebab utama yang menjadikan engsel laptop rusak adalah cara membuka laptop yang salah yaitu membuka melalui sudut ujung layar. Umumnya, pemilik laptop tanpa sadar membuka laptop dari sudut ujung layar laptop. Hal tersebut merupakan cara yang salah apalagi jika sudah menjadi kebiasaan.

Membuka laptop dari sudut ujung layar membuat tumpuan dari layar yang biasanya tipis menjadi berat sebelah. Salah satu engsel akan memiliki beban yang berbeda dan berat sebelah ketika membuka laptop dengan cara tersebut.

Cara membuka laptop yang baik dan benar adalah dengan cara membukanya dari bagian tengah layar laptop. Dan membukanya secara perlahan dan hati-hati.

2. Menutup Layar Terlalu Keras

 

Tak sedikit pemilik laptop yang menutup layar laptop terlalu keras. Bahkan hingga menimbulkan bunyi pada engsel maupun layar. Hal tersebut merupakan kebiasaan yang salah karena dapat membuat komponen layar pecah dan lama-lama akan rusak.

Apalagi jika ada benda yang masih berada di atas keyboard laptop. Tentu nantinya jika layar laptop ditutup dengan keras akan membuat layar lecet dan memungkinkan untuk rusak. Bagian pada engsel laptop jugan memastikan tidak adanya benda yang akan terselip ketika layar laptop akan ditutup.

3. Buka Layar Laptop Terlalu Lebar


Anda mungkin sering memangku laptop di paha. Hal ini menjadikan layar laptop teramat dekat dengan tubuh. Sehingga layar harus dibuka cukup lebar agar terlihat jelas. Nah, ini yang bisa menjadikan engsel cepat rusak, terlebih bila buka layar laptop sampai sejajar dengan keyboard.

Kalau laptop Anda memiliki desain layar yang bisa diputar 360 derajat, mungkin tidak masalah. Namun, bila laptop Anda tidak memiliki kemampuan tersebut, sudah pasti engsel yang akan dikorbankan.

 

4. Terbebani Benda Berat

Saat laptop dimasukkan ke dalam tas ransel, sudah pasti akan berhimpitan dengan buku dan benda-benda lainnya. Kalau buku atau benda yang dibawa berat, sudah pasti akan menindih laptop. Apalagi jika ransel sedang diletakkan posisi mendatar dan laptop berada di posisi paling bawah. Tentu saja laptop akan terjepit.

Layar laptop yang terhimpit benda berat akan memaksa engsel dan layar bertahan. Jika tidak kuat, engsel bisa patah dan layar pecah. Oleh sebab itu, hindari membawa benda-benda berat bersamaan dengan laptop. Minimal laptop diberi tas sendiri yang presisi (softcase) atau sarung laptop agar ada pelapis empuk yang membuat laptop aman dan tidak tergores.

5. Engsel Terbentur Benda Keras


Suatu ketika ada kalanya Anda kurang konsentrasi hingga mengakibatkan laptop terbentur dinding atau benda keras lainnya. Hal tersebut biasanya akan menyebabkan casing luar laptop tergores, retak, atau pecah.

Nah, masalahnya bila benturan terjadi pada engsel, kemungkinan engsel rusak dan retak. Hal ini akan menjadikan engsel tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebelumnya laptop bisa ditutup normal, sekarang jadi tidak bisa ditutup rapat.

Nah itu dia penyebab laptop tidak bisa tertutup rapat, semoga artikel ini  bisa jadi refrensi untuk sobat norton . Jika sobat ingin service,membeli kebutuhan IT dan lainnya bisa loh mengunjungi toko offline kita yang berlokasi di Jln. Uluwatu II No 2 tepatnya (Disebelah Barat MCD Jimbaran) & kalau sobat mager banget buat berkunjung bisa nih mengunjungi toko online kita dengan klik link dibawah :

Shopee : http://shopee.co.id/shop/285870846/

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/nortonbali

Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Terimakasi

 

 

 

Bagikan ke

Laptop Tidak Bisa Menutup Rapat? Ini Dia Penyebabnnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Laptop Tidak Bisa Menutup Rapat? Ini Dia Penyebabnnya

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: