Beranda » Blog » Mengapa HDD Harus Diganti Dengan SSD?

Mengapa HDD Harus Diganti Dengan SSD?

Diposting pada 27 Juni 2022 oleh Tim Redaksi Norton Bali Computer / Dilihat: 164 kali

Hallo Sobat Norton!

Mengapa HDD Harus diganti dengan SSD? yuk sini mimin jelasin

Teknologi untuk komputer dan laptop mengalami perkembangan yang begitu pesat. Salah satunya adalah soal media penyimpanan. Jika dulunya komputer dan laptop hanya menggunakan media penyimpanan internal hard disk drive (HDD), saat ini banyak pengguna komputer yang mulai melirik solid state drive (SSD).

Meski sekarang ini jamannya SSD bukan berarti Harddisk kurang baik ataupun telah ketinggalan jaman ya, harddisk tetap bagus kok. Namun kalau dibandingkan dengan SSD, mesti diakui jika SSD jauh lebih baik performanya dari harddisk.

 

Bagi sebagian orang yang menginginkan kinerja yang lebih tangguh, pilihan mereka jatuh ke SSD. Meskipun dalam hal harga terlalu jauh, SSD tentu menawarkan kinerja yang lebih baik daripada HDD. Agar lebih jelas, lihat beberapa alasan berikut yang akan menjelaskan mengapa Anda harus mengganti HDD dengan SSD!

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihannya lohh!

  1. Performa yang sangat cepat

SSD memiliki kecepatan read dan write yang jauh lebih cepat dari pada HDD. Karena itu, kamu bisa melakukan transfer file dan sebagainya dengan lebih cepat. Selain itu, aktivitas mencari file dan membuka berbagai program berat juga akan lebih cepat. Juga, proses booting untuk laptop yang menggunakan SSD pun jauh lebih cepat dari pada HDD.

Jadi, menggunakan SSD memungkinkan produktivitas kamu dalam bekerja mengalami peningkatanWaktu yang kamu gunakan untuk bekerja di depan laptop juga tidak akan terbuang sia-sia hanya untuk menunggu program yang loading

 

 

2. Lebih Hamat Daya

 Di dalam HDD terdapat komponen bergerak berupa piringan yang membuat daya HDD begitu boros. Sebaliknya, pada SSD tidak terdapat komponen bergerak sehingga penyimpanan dengan SSD hanya membutuhkan sedikit daya.

Dengan begitu, mengganti HHD dengan SDD akan membuat baterai laptop lebih awet karena konsumsi daya yang lebih sedikit. Ini tentu saja menguntungkan bagi kamu yang sering bekerja dengan laptop di luar karena tidak perlu sering-sering mengisi ulang daya dan mencari tempat yang terdapat stop kontak.

 

 

3. Lebih Ringan

Perbedaan HDD dan SSD - Pintar Komputer

Jika diperhatikan, saat ini, laptop yang memiliki body tipis umumnya menggunakan media penyimpanan SSD. Alasannya, SSD memiliki ukuran fisik yang kecil dan tipis. Karena ukurannya yang lebih kecil, sudah pasti SSD juga memiliki bobot yang lebih ringan.

Jika kamu ingin menggunakan media penyimpanan yang ringkas sekaligus berpeforma tinggi, SSD merupakan jawaban yang tepat untuk mengakomodir kebutuhanmu.

 

 

4. Tidak ada komponen bergerak sehingga tidak berisik

Kalau kamu menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan media penyimpanan HDD, kamu pasti pernah merasakan getaran pada perangkat? Ini karena di dalam HDD terdapat komponen bergerak yang berupa piringan. Piringan ini berguna untuk menyimpan data dan akan berputar saat laptop atau komputer digunakan.

Lain halnya dengan SSD yang tidak menggunakan perangkat bergerak sama sekali. Dengan demikian, mengganti HDD dengan SSD akan membuat komputer lebih nyaman digunakan karena tidak ada getaran dari piringan yang menimbulkan suara berisik

 

 

5. Lebih Aman

Banyak orang yang menganggap bahwa SSD lebih aman daripada HDD. Alasannya, di dalam SSD tidak ada komponen bergerak yang dipakai untuk menyimpan data, seperti piringan pada HDD. Dengan demikian, maka resiko file corrupt jadi lebih kecil.

Selain itu, tidak adanya perangkat bergerak dalam SSD membuat media penyimpanan ini lebih tahan terhadap guncangan. Lain halnya dengan HDD yang lebih sensitif terhadap guncangan karena terdapat piringan di dalamnya.

 

 

6. Tidak Mudah Panas

Sebaliknya, SSD hanya menggunakan komponen microchip untuk membaca data. Dengan begitu, laptop yang menggunakan SSD tidak akan mudah panas meskipun digunakan dalam waktu cukup lama HDD bekerja dengan menerapkan unsur mekanik yang membuatnya lebih cepat panas. Akibatnya, komputer atau laptop akan mudah panas, perfomanya jadi lebih lambat, dan HDD akan lebih mudah rusak.

 

 

7. Performa Multitasking Lebih Unggul

Saat membuka banyak program sekaligus, kinerja komputer atau laptop dengan media penyimpanan HDD akan jadi lebih lambat, utamanya jika kamu membuka program yang berat. Namun, masalah ini tidak akan kamu alami jika kamu menggunakan SSD.

Ini karena kecepatan baca SSD yang sangat tinggi sehingga kamu dapat melakukan multitasking tanpa membuat performa laptop jadi terlalu lambat. Karena alasan ini, SSD sangat cocok untuk kamu yang terbiasa bekerja dengan program yang berat atau multitasking.

Jadi, apa kamu tertarik mengganti HDD dengan SSD? Meskipun SSD memiliki harga yang relatif lebih mahal, tapi ini tentu saja sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan.

 

Nah itu dia mengapa kita harus mengganti HDD Dengan SSD, semoga artikel ini  bisa jadi refrensi untuk sobat norton . Jika sobat ingin service,membeli kebutuhan IT dan lainnya bisa loh mengunjungi toko offline kita yang berlokasi di Jln. Uluwatu II No 2 tepatnya (Disebelah Barat MCD Jimbaran) & kalau sobat mager banget buat berkunjung bisa nih mengunjungi toko online kita dengan klik link dibawah :

Shopee : http://shopee.co.id/shop/285870846/

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/nortonbali

 

Sekian Terima Kasih

 

 

 

 

Bagikan ke

Mengapa HDD Harus Diganti Dengan SSD?

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Mengapa HDD Harus Diganti Dengan SSD?

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: